Laman

Selasa, 13 September 2011

CHEDDAR CHEESE CAKE


Banyak anggota milis yang kuikuti memberi testimoni kalo cake ini benar-benar enak, lembut dan ngeju banget. Oke..lets go...we must try this cake...Singsingkan lengan baju, siapin bahan and lets bake!
Pertama yang harus dilakukan adalah mencairkan keju, susu dan butter menjadi krim keju. Di sini kejunya aku parut halus sekali agar mudah waktu mencairkannya dan alhamdullillah berhasil. Waktu pembuatannya tidak lama tetapi waktu pemanggangannya itu lho yang lamaaaaa sekali..sampai 50 menit.
Intip-intip ke dalam oven pake senter biar jelas (ovenku tidak ada lampunya di dalam) ow ow ow CCCnya mengembang dengan sempurna. Warnanya cantik sekali, di atasnya semu kuning keemasan.Setelah matang oven dimatikan lalu pintu oven agak dibuka sedikit.
Di resep loyang yang digunakan adalah loyang bulat diameter 18 cm, karena yang ada di rumah dia.16 cm ya sutralah ku pakai yang ada. Sisa adonan dimasukkan dalam cetakan loyang muffin. Pada batch pertama yang ku-oven duluan adalah adonan di loyang bulat. Selesai memanggang aku baru sadar kalo belum masak nasi dan menyalakan jet pump...waduh gimana nih..kalo yang adonan di loyang muffin ga segera di oven? Apa nanti bisa mengembang? Padahal jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, secara oven listrikku ga kuat kalo di pake manggang sore2 (listrik cuma 1300 watt jadi kalo mo manggang semua peralatan yang memakai listrik kecuali oven harus dimatikan). Seperti kejar-kejaran dengan waktu nih....alhasil setelah masak nasi, nyalain jet pump sudah setengah jalan, akhirnya jet pump dimatikan, oven dinyalakan lagi. Maka dimulailah batch kedua, berdoa semoga loyang muffinku ga bocor waktu manggang dengan cara ditim sebab bagian bawah loyang emang ga dilapisi alfol. Waktu panggang lebih singkat kira-kira 35 - 40 menit.
Untuk topping pakai whipp cream bubuk dengan WCC...rasanya lembut dan manis. Aku pikir kalo Whipp cream dicampur dengan WCC maka krimnya akan mengeras, ternyata krimnya tetap lembut. Cuma kalo dibiarkan lama di suhu ruang agak susah untuk dispuitkan ke kue, jadi harus dimasukkin ke kulkas dulu, baru krim bisa dispuit. Cake bulatnya ditopping seluruhnya dengan WhippCream dan cake yang kecil2 tengahnya diberi selai strawberry dan blueberry baru tepinya dispuitkan WhippCream.
Ternyata perpaduan antara cake keju yang lembut dengan selai dan WhippCream....rasanya enyaaaak sekali. Sepotong takkan pernah cukup.
Teknik au ban marie

CCC yang baru keluar dari oven...Cantik bukan?
Mini CCC pake loyang muffin


Di bawah ini resepnya, silakan di coba :

CHEDDAR CHEESE CAKE

Bahan I :
130 gr Susu UHT misalnya ultra
40 gr Mentega
125 gr Cheddar Cheese, parut halus (aku pake kraft)
Bahan II :
20 gr tepung terigu (aku pake kunci  biru)
15 gr maizena
2 buah kuning telur
 1sdt air jeruk (aku pake vanila ekstrak-karena tidak ada air jeruk)
Bahan III :
3 buah putih telur
80 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tar-tar
Bahan IV :
1 sdm selai blueberry (boleh diganti sesuai dgn selera)
1 sdm air matang

Krim :
150 gr Whipp Cream bubuk
300 ml air es
150 gr White Cooking Coklat, lelehkan

Cara Pembuatan Krim :
Kocok whipp cream bubuk dan air es sampai mengembang, lalu masukkan WCC yang sudah dilelehkan. Kocok rata. Krim siap dipakai.


Cara Pembuatan CCC :

1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar dengan alumunium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang utk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4 – nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan)  = cara panggang ini nama nya au ban marie..
2. Campurkan semua bahan I di dalam panci kecil, panaskan di atas api kecil sambil diaduk sekali2 sehingga semua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya tidak gosong. Jika perlu matikan api sementara bahan I diaduk2. Note : keju cheddar tidak akan cair benar asal parutan keju cukup halus dan tercampur rata dengan susu dan mentega, tidak apa2 membiarkan krim agak bergerindil.
3. Dalam keadaan Bahan I masih hangat, masukan Bahan II sedikit demi sedikit ke dalamnya. Aduk hingga rata benar. Masukkan kuning telur dan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
4. Masukan loyang berisi air ke oven dengan suhu 160C. (Aku menggunakan oven listrik dengan api atas dan bawah dinyalakan).
5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar-tar hingga ‘soft-peak’ saja (jangan sampai terlalu kaku). Masukan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
6. Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih cukup ada gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.
7. Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, tambahkan 5 – 10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) ada semu keemasan.
8. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik.
9. Penyelesaian : hangatkan selai blueberry/strawberry dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk), olesi ke permukaan cheese cake, hias dengan whipp cream dan buah2an sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar